GRAFIS BITMAP dan GRAFIS VEKTOR

Nama: Slamet Prasetyo
Kelas: X TKJ 2
Hari; Selasa
Tanggal: 06 Februari 2018
Job ke: -2
JUDUL
NILAI
GRAFIS BITMAP dan GRAFIS VEKTOR




1.       Siswa mampu mejelaskan tentang perbedaan Grafis Bitmap dan Vektor
2.       Siswa mampu mejelaskan tentang software Grafis Bitmap dan Vektor
3.       Siswa mampu menggunakan software Grafis Bitmap dan Vektor
4.       Siswa mampu memilih Software yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhan desain grafisnya.
5.       Siswa mampu mejelaskan tentang penggunaan warna-warna primer pada desain grafis
ALAT DAN BAHAN
1.       1 Set PC
2.       Software Desain Grafis
3.       1 buah TP-Link
TUGAS :
1.       Carilah pengertian tentang grafis berbasis vektor dan berbasis bitmap ?
2.       Carillah Perbedaan grafis berbasis vektor dan berbasis bitmap ?
3.       Carilah kelebihan dan kekurangan grafis berbasis vektor dan berbasis bitmap ?
4.       Sebutkan software yang digunakan untuk Grafis Bitmap dan Vektor ?
5.       Apa yang di maksud dengan istilah CMYK dan RGB ?
6.       Apa perbedaan dan persamaan penggunaan CMYK dan RGB ?
7.       Sebutkan penggunaan penawaran apa yang terbaik untuk hasil output percetakan ?
8.       Sebutkan penggunaan perwarnaan apa yang terbaik untuk hasil output pada monitor ?
9.       Carilah bentuk tampilan utama dari Coreldraw X3 (gbr) ?
Dan sebutkan kegunaan dari istilah :
Main Menu =

Tool Box =  kumpulan alat-alat dasar yang digunakan untuk membuat sketsa ataupun desain di dalam coreldraw. 

Properties = digunakan untuk menentukan setting suatu objek. Objek biasanya mempunyai beberapa properties yang dapat diatur secara langsung dari properties windows atau object bisa diatur melalui kode program.

Color Pallete = desainer menggunakan istilah colour palette sebagai perpaduan warna.

Drawing Window = area putih di luar Drawing Page (Kanvas Kerja) yang dibatasi oleh Scroll Bars di sisi kanan dan bawah..

Drawing Page = sebuah bingkai kotak di dalam Drawing Window dan merupakan area kerja utama.

Docker = kotak dialog berisi tombol-tombol perintah untuk mengatur sebuah objek

Document navigator = sederetan tombol perintah yang berada di sudut kiri bawah jendela Drawing Window.

10.   Buat suatu karya desain grafis berupa gambar bitmap dan gambar vektor dan gabungan antara bitmap dan vektor ?

Latihan     Soal     Job1   dan   Job2
1.       Untuk mengatur tata ukuran tampilan dokumen dalam layar dapat menggunakan...
a.       Pick
b.      Zoom
c.       Polygon
d.      Rectangle
e.      Ellips
2.       Desain grafis komputer yang terdiri dari deretan atau kumpulan titik-titik grafik...
a.       Vektor
b.      Pie
c.       Lineing
d.      Batang
e.      Bitmap
3.       Redo berfungsi untuk...
a.       Membatalkan perintah
b.      Mengulang perintah
c.       Mendatangkan file
d.      Menggandakan objek
4.       Jenis image yang hanya mempunyai dua warna (hitam dan putih saja) disebut...
a.       Grayscale
b.      Linearts
c.       Multitones
d.      Watermark
e.      Full collor
5.       Berikut gambar yang bertipe bitmap adalah...
a.       Kubus
b.      Persegi Panjang
c.       Lingkaran
d.      Photo
e.      Garis kurva
6.       File Gambar bertipe jpg merupakan grafis...
a.       Bitmap
b.      Hybird
c.       Metafile
d.      Vektor
e.      Morth
7.       Satuan untuk mengukur resolusi gambar adalah...
a.       Bit
b.      Byte
c.       Bps
d.      Pixel
e.      Candela
8.       Dibawah ini yang merupakan format file dari desain grafis vektor adalah...
a.       *.psd
b.      *.bmp
c.       *.jpg
d.      *.wmf
e.      *.efs
9.       Grafik bitmap disebut juga...
a.       Roaster
b.      Chesster
c.       Rester
d.      Citra
e.      Pixel
10.   Di bawah ini adalah file dari desain grafis bitmap, kecuali...
a.       *.tif
b.      *.tiff
c.       *.bmp
d.      *.png
e.      *.eps

Jawaban
1.       - Grafis berbasis Vektor adalah gambar yang dibentuk melalui kombinasi titik titik    dan garis dengan menggunakan rumusan matematika tertentu.
-       objek gambar yang dibentuk dengan raster/pixel/titik koordinat.
2.       Berbasis Vektor
o   Gambar tetap jelas ketika di perbesar
o   Tersusun dari garis dan kurva, Path terdiri dari garis (line segment) dan beberapa titik (node) atau disebut dengan anchor point
o   Gradasi warna harus dianalisis dulu oleh para desainer grafis
o   Kualitas grafik tidak tergantung dari banyaknya pixel
o   Disusun oleh objek geometris yang dibuat berdasarkan perhitungan matematis
o   Sifatnya resolution independent
o   Ukuran penyimpanan relatif kecil
o   Program yang digunakan adalah Coreldraw, Adobe ilustrator, Macromedia Freehand
·         Nyaman dipakai untuk melayout halaman (teknik publishing), membuat font, dan ilustrasi.
Berbasis Bitmap
o   Gambar kurang jelas jika diperbesar
o   Terdiri atas titik (piksel), beragam warna, piksel tersebar dalam pola grid
o   Gradasi warna lebih luwes dan nyata
o   Mampu menyimpan gambar antar-format, yaitu JPEG, BMP,GIF, TIFF, dan PNG
o   Ukuran file yang dihasilkan besar
o   Kualitas grafis tergantung dari banyaknya pixel
o   Disusun oleh objek yang disebut pixel
o   Sifat resolusinya dependent atau dipengaruhi resolusi
·         Ukuran penyimpanan relatif besar
3.       - Kelebihan Grafis Berbasis Vektor
Ruang penyimpanan untuk objek gambar lebih efisien
Objek gambar vektor dapat diubah ukuran dan bentuknya tanpa menurunkan mutu tampilannya
Dapat dicetak pada resolusi tertingi printer Anda
Menggambar dan menyunting bentuk vektor relatif lebih mudah dan menyenangkan
-       Kekurangan Grafis Berbasis Vektor
Tidak dapat menghasilkan objek gambar vektor yang prima ketika melakukan konversi objek gambar tersebut dari format bitmap
Pemakaian prosesor yang memakan memori lebih benyak

              -   Kelebihan Grafis Berbasis Bitmap
1.  Pemakaian memori yang lebih kecil
2.  Dapat menghasilkan objek gambar bitmap dari objek gambar vektor dengan cara          mudah dan cepat
              -  Kekurangan Grafis Berbasis Bitmap
1. Objek gambar tersebut memiliki permasalahan ketika diubah ukurannya, khususnya ketika objek gambar diperbesar.
2.  Efek yang diidapat dari objek berbasis bitmap yakni akan terlihat pecah atau berkurang   detailnya saat dicetak pada resolusi yang lebih rendah
        4.  Software Grafis Bitmap
            - Adobe Ilustration, Marcomedia, Corel draw
              Software Grafis Vektor
-       Windows Paint, Paintbrush, Adobe Photoshop, Corel Photopaint

5.CMYK adalah model warna yang biasanya digunakan di percetakan (Printer, Sablon, dll).
   RGB adalah model warna yang biasanya digunakan sebagai layar layar suatu device. Semisal Monitor, LCD, Super Amoled, Kamera Digital, Camcorder, Proyektor, LED, Layar Handphone
6.       Persamaan
RGB dan CMYK itu sama-sama warna primer
Perbedaan
RGB
CMYK
· Red Green Blue (merah, hijau, biru)
· RGB merupakan warna-warna primer yang digunakan pada monitor
· Jadi RGB lebih digunakan untuk desain yang nantinya ditampilkan ke media layar monitor
· Jika warna RGB di campur semua, akan menghasilkan warna putih
· Cyan Magenta Yellow Black (orang awam bilang biru, merah, kuning dan hitam )
· CMYK merupakan warna-warna primer yang paling banyak digunakan pada printer
· CMYK lebih digunakan untuk desain yang nantinya ditampilkan ke media cetak
· Jika warna CMY di campur semua, akan menghasilkan warna hitam
7.       1. Epson Picture Mate Charm
2. Epson Stylus Photo R2000
3. Epson Stylus Photo R2880
5. Epson Stylus Photo R3000
6. Canon Pixma MG 8220 Wireless All in one Inkjet Photo
8.   perkembangan monitor LCD sangatlah pesan. Itu disebabkan karena monitor LCD lebih menghemat tempat dibandingkan dengan monitor CRT yang memiliki ukuran lumayan memakan tempat. Cara Kerjanya adalah sebagai berikkut. Pada sebuah panel LCD berwarna, setiap pixel terdiri atas tiga buah cell kristal cair. Setiap ketiga cell tersebut memiliki filter merah, hijau, atau biru (Red-Green-Blue/RGB). Sinar yang melewati cell yang terfilter tersebut akan menciptakan warna yang Anda lihat pada LCD. Kadang-kadang sistem yang mengirimkan arus listrik pada satu cell atau lebih tidak berjalan dengan baik. Kejadian tersebut menimbulkan adanya pixel yang gelap dan “rusak” yang sering disebut sebagai dead pixel.
9. 1.Pick Tool


2.Shape Tool
3.Crop Tool
4.Zoom Tool
5.Freehand Tool
6.Smart Fill Tool
7.Rectangel Tool
8.Elipse Tool
9.Polygon Tool
10.Basic Shapes Tool
11.Text Tool
12.Table Tool
13.Paralel Dimension Tool
14.Straight Line Connector Tool
15.Blend Tool
16.Color Eyedropper Tool
17.Outline Pen
18.Fill Tool
19.Interactive Fill Tool

penjelasannya dibawah ini :


Pick Tool
Pick tool
tool ini memiliki ikon seperti cursor mouse pada setting defaultnya. Berfungsi untuk menyeleksi atau memilih objek.

Shape Tool


Shape tool
berfungsi mengedit garis atau objek dengan manipulasi titik. Memiliki shortcut dalam keyboard F10. Shape tool ini sendiri dibagi menjadi 3 jenis lagi yaitu :
•Smudge Brush : Untuk mengubah objek gambar dengan menarik garis tepi.
•Roughen Brush : Untuk mendistorsi objek gambar dengan menarik garis tepi.
•Free Transform : Untuk mengubah bebas seperti : menggunakan rotasi, mengubah ukuran, memiringkan objek, dll.


Crop Tool
Crop tool
berfungsi untuk menghilangkan bagian yang tidak diinginkan dalam objek. Crop tool juga memiliki 3 jenis lagi :
•Knife : untuk memotong objek menjadi dua bagian terpisah.
•Eraser : untuk menghapus area yang tidak diinginkan dalam objek.
•Virtual Segment Delete : untuk menghapus suatu bagian objek yang berada dalam persinggungan.

Zoom tool


berfungsi untuk mengubah tingkat / level pembesaran jendela dokumen corel yang sedang kita buka. Ini sangat bermanfaat untuk mengedit objek yang terlalu kecil atau objek yang terlalu besar, sehingga tampilan objek sesuai dengan mata kita. Ada satu lagi jenis dari zoom tool ini yaitu Pan Tool.

•Pan tool berfungsi untuk menggeser tampilan area/objek tanpa mengubah tingkat zoom level.


Freehand Tool
Freehand tool
Tool CorelDRAW yang berfungsi menggambar kurva (garis lengkung) dan garis lurus dalam segmen. Memiliki tombol shortcut F5 di keyboard anda. Freehand tool ini dibagi dalam 7 jenis lagi yaitu :

•2-point line tool : untuk menggambar garis lurus dari satu titik (titik awal) ke satu titik yang lain (titik akhir).
•Bezier tool : menggambar garis lengkung dalam segment dalam satu waktu.
•Artistic media tool : menambahkan efek brush, spray dan kaligrafi dengan menggunakan kursor pen dengan bebas. Banyak efek-efek yang mungkin anda sukai dalam tool yang satu ini.
•Pen tool : menggambar garis lengkung dalam segmen dan melihat/meninjau masing-masing segmen yang telah kamu buat.
•B-spline tool : menggambar garis lengkung dengan mengkontrol setting titik (point) tanpa merusak segmen.
•Polyline tool : menggambar sambungan garis lurus atau garis lengkung secara continue (terus menerus) dalam satu action.
•3-point curves tool : menggambar garis lengkung dengan cara mendrag dari titik awal , titik akhir dan memposisikan pada titik tengah.

Smart fill tool


berfungsi untuk membuat objek dari tumpang tindih area lali mengisikannya dengan warna atau tekstur. Tool ini memiliki satu jenis lagi yaitu smart drawing tool.

•Smart Drawing tool : untuk mengubah / mengkonversi coretan pointer yang kamu gambar menjadi bentuk wujud objek (basic shapes) atau garis kurva yang halus.


rectangle tool
Rectangle tool
untuk menggambar bentuk persegi empat atau kotak hanya dengan drag dan klik mouse kamu. Memiliki satu jenis lagi yaitu 3-point rectangle tool.

•3-Point Rectangle tool : berfungsi untuk membentuk persegi empat dan kotak dengan menyusun nya per titik.

ellipse tool


Ellipse tool
berfungsi untuk menggambar elips dan lingkaran hanya dengan drag dan klik mouse kamu. Juga memiliki satu jenis lagi yaitu 3-point ellipse tool.

•3-Point Ellipse tool : untuk menggambar elips dan lingkaran dengan menyusun nya per titik.


Polygon tool

berfungsi untuk menggambar bentuk persegi banyak, hanya dengan drag dan klik mouse. Memiliki turunan 4 macam tools, yaitu :

•Star tool : untuk menggambar berbagai macam bentuk bintang.
•Complex Star tool : untuk menggambar bentuk bintang yang memiliki banyak potongan sisi.
•Graph Paper tool : untuk menggambar bentuk kisi-kisi / susunan kotak-kotak seperti jala-jala.
•Spiral tool : untuk menggambar lingkaran spiral secara simetris atau logaritmis

Basic Shapes tool


berfungsi untuk mempermudah/mempercepat proses menggambar bentuk segitiga, lingkaran, silinder, love/hati, dan masih banyak lagi bentuk-bentuk lainnya. Memiliki turunan 4 macam tools, yaitu :

•Arrow shapes tool : untuk menggambar bentuk tanda panah dalam berbagai variasi
•Flowchart shapes tool : untuk memudahkan menggambar suatu bagan (chart)
•Banner shapes tool : untuk menggambar bentuk pita atau bentuk ledakan

•Callout shapes tool : untuk menggambar bentuk balon bicara (ilustrasi bicara) dan label
10 . 

Komentar