Pengenalan Desain Grafis

Nama :  -Slamet Prasetyo
Kelas : X TKJ 2

Hari : Selasa

Tanggal : 09 January 9, 2018

Job Ke- :01
J u d u l
NILAI



       Pengenalan Desain grafis


TUJUAN  :
   
1)      Siswa mampu memahami pengertian tentang Desain Grafis
2)      Siswa mampu mengetahui tentang kategori Desain Grafis
3)      Siswa mampu membedakan macam-macam program pengolah Grafis
4)      Siswa mampu memahami Kriteria yang harus dimiliki oleh orang Desainer Grafis
5)      Siswa mampu menginstall Software Aplikasi desain Grafis
ALAT DAN BAHAN :

1.       1 Set PC
2.       Software desain grafis
3.       1 buah TP LINK
TUGAS :

1.       Carilah Pengertian Desain Grafis menurut beberapa Tokoh Desain Grafis (minimal 5 orang tokoh) ?
2.       Carilah contoh beberapa Kategori Desain Grafis dan Penjelsan nya ?
3.       Sebutkan dan Jelaskan kriteria apa saja yang harus dikuasai oleh seorang Desainer grafis  (minimal 6) ?
4.       Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis program pengolah grafik/grafis dan berikan contohnya  (min 6) ?
5.       Sebutkan dan jelaskan jenis format file dan gambar/grafis yang digunakan dalam desain Grafis (min 7) ?
6.       Tuliskan langkah-langkah untuk mengintsall Software grafis pada PC ?
7.       Cobalah buat brosur untuk mempromosikan Sekolah kalian ?
Tugas dibuat dalam blog masing-masing  (per-siswa) kemudian link nya di kirim ke email :
rimy2305@gmail.com
JAWABAN TUGAS :

  1. Menurut Suyanto, desain grafis didefinisikan sebagai “aplikasi keterampilan seni dan komunikasi untuk kebutuhan bisnis dan industri”. Aplikasi ini dapat meliputi periklanan dan penjualan produk, menciptakan identitas visual industri, produk dan perusahaan dan lingkungan grafis, desain informasi, dan secara visual menyempurnakan pesan dalam publikasi.

Sedangkan Jessica Helfand dalam situs www.aiga.com mendefinisikan desain grafis sebagai kombinasi kompleks kata-kata dan gambar, angka-angka dan grafik, foto-foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-eleman ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus, sangat berguna, mengejutkan atau subversif atau sesuatu yang mudah diingat.

Menurut Danton Sihombing desain grafis mempekerjakan berbagai elemen seperti marka, simbol, uraian verbal yang divisualisasikan lewat tipografi dan gambar baik dengan teknik fotografi ataupun ilustrasi. Elemen-elemen tersebut diterapkan dalam dua fungsi, sebagai perangkat visual dan perangkat komunikasi.

Menurut Michael Kroeger visual communication (komunikasi visual) adalah latihan teori dan konsep-konsep melalui terma-terma visual dengan menggunakan warna, bentuk, garis dan penjajaran (juxtaposition).

Sedangkan Blanchard mendefinisikan desain grafis sebagai suatu seni komunikatif yang berhubungan dengan industri, seni dan proses dalam menghasilkan gambaran visual pada segala permukaan.

  1. 1. Printing (Percetakan)
Percetakan adalah sebuah proses industri untuk memproduksi secara massal tulisan dan gambar, terutama dengan tinta di atas kertas menggunakan sebuah mesin cetak. Dia merupakan sebuah bagian penting dalam penerbitan dan percetakan transaksi. Printing sendiri memuat memuat desain buku, majalah, poster, booklet, leaflet, flyer, pamflet, periklanan, dan publikasi lain yang sejenis dalam bentuk cetak.

2. Web Desain
Web desain adalah istilah umum yang digunakan mencakup bagaimana isi web konten ditampilkan, (biasanya berupa hypertext atau hypermedia) yang dikirimkan ke pengguna akhir melalui World Wide Web, dengan menggunakan sebuah browser web atau perangkat lunak berbasis web. Tujuan dari web design adalah untuk membuat website—sekumpulan konten online termasuk dokumen dan aplikasi yang berada pada server web / server.

3. Film
Desain grafis yang berkaitan dengan industri perfilman dan TV mencakup beberapa kegiatan, antara lain, konsep visual, story board, tittle & credits, spesial effect, stage design, sampai ke materi promosi berupa spanduk, poster film, iklan dan juga materi hasil produksi berupa VCD atau DVD dari film tersebut.
4. EGD (Environmental Graphic Design), Identifikasi (Logo)
Kedua bidang (EGD dan Logo) merupakan desain profesional yang mencakup desain grafis, desain arsitek, desain industri, dan arsitek taman.

5. Desain Produk
Desain produk bisa disebut juga sebagai Industrial Design yang merupakan bidang ilmu dalam perencanaan dan perancangan barang untuk memenuhi kebutuhan manusia. Sebuah karya desain dianggap sebagai kekayaan intelektual karena merupakan hasil buah pikiran dan kreatifitas dari pendesainnya, sehingga dilindungi hak ciptanya oleh pemerintah melalui Undang-Undang No. 31 tahun 2000 tentang Desain Industri.Jangka waktu perlindungan untuk desain industri adalah 10 tahun terhitung sejak tanggal penerimaan permohonan Desain Industri ke Kantor Ditjen Hak Kekayaan Intelektual.

  1. 1. IMAJINASI
Imajinasi adalah kemampuan berkhayal. sobat harus mampu memvisualisasikan proyek sebelum dibawa kedalam lembar kerja. mencari ide lewat bayangan - bayangan imajinasi. semakin tinggi khayalan maka semakin banyak ide kreatif yang bisa didapatkan. padukan beberapa aspek tertentu didalam ruang khayal sobat untuk menjadikannya konsep.
2. SKETSA
Sketsa termasuk kemampuan paling dasar yang harus dimiliki desainer. ketika sobat sudah memiliki ide bentuk, maka sketsa berperan penting untuk menggambarkan visual kasar dari desain kita. entah itu proyek membuat logo atau yang lainnya. 
3. ESTETIKA
Dalam hal ini, desainer dituntut menyajikan keindahan dalam hal apapun. Banyak keindahan yang terabaikan dalam keseharian manusia, namun ketika anda hadir, buatlah mereka sadar bahwa semua ini hanya butuh sentuhan hangat untuk menjadikannya menarik. Pelajari segala sesuatu yang membentuk keindahan itu sendiri.
4. SOFTWARE
Mengetahui beberapa program yang bias membantu proyek sobat. Contohnya Adobe Illustrator, Corel Draw, Photoshop dll. Jangan berpatokan dalam satu aplikasi desain. Dalam proyek desain grafis, banyak bentuk yang akan hadir dalam perancangan sobat nanti, jadi pelajarilah aplikasi yang bias menggambarkannya.



5. KONSEP DASAR DESAIN GRAFIS
Sobat harus tahu dasar konsep dasar desain grafis. Dalam hal ini, bagaimana kita melakukan perancangan yang terkonsep dengan baik. Contoh, sebuah logo untuk brand sebuah took kayu, pastilah perpaduan komponen yang harus sobat jadikan pendekatan adalah hal – hal yang masih berkaitan dengan took kayu tersebut ( saya perkecil menjadi kayu ). Maka batasan ide akan
6. KERJA KERAS
Sifat dasar manusia yang ingin sukses adalah kerja keras. Tolak ukur kesuksesan seorang desainer dapat dilihat dari kerasnya perjuangan untuk mencapainya. Dalam hal ini, tak ada pilihan menyerah sebelum proyek desain kita selesai semaksimal mungkin. Berikan yang terbaik ada user, untuk pengalaman terbaik dalam portofolio kita.
7. ORIGINAL
Apapun yang anda inginkan usahakan anda dapat dari hasil pemikiran sendiri. Percuma desain menarik namun hasil kopi kerja keras orang lain. Sampai kapan sobat berharap ide orang lain. Ini masalah kemandirian pola pikir. Semakin sering membuat kualitas yang original, maka semakin tinggi profesionalitas sobat. Koreksi diri sendiri.
8. RENDAH HATI
Jadilah orang yang ingin selalu belajar. Bukan orang yang sudah tahu segalanya. Jika memang sobat sudah merasa banyak menguasai sesuatu, saya yakin ada hal yang belum pernah anda sentuh sebelumya. Seorang desainer bukanlah orang yang tahu segala hal, tapi seorang yang bias beradaptasi dalam proyek desain apapun.
9. SIKAP POSITIF
Dalam dunia desain, kritikus ada dimana – mana. Mereka adalah tolak ukur yang menjadikan anda seorang desainer. Desain yang baik, tidak selalu diberi jempol oleh semua orang, pasti aka nada yang menganggap itu kurang baik. Bersikaplah positif, dan jadikan ini pengalaman untuk menghasilkan desain lebih menarik lagi.

10. REFRESHING
Rasa lelah, stress, capek dll adalah hal yang wajat, dan pasti akan ditemua semua desainer. Maka keputusan yang harus diambil adalah refreshing. Buat otak sobat menjadi stabil. Jika lelah maka istirahatlah. Kehabisan ide ? pergilah ketempat – tempat yang menarik untuk menenangkan diri.

  1. 1. Aplikasi Pengolah Gambar Vektor/Garis
    Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat digunakan untuk membuat gambar dalam bentuk vektor/garis sehingga sering disebut sebagai Illustrator Program. Seluruh objek yang dihasilkan berupa kombinasi beberapa garis, baik berupa garis lurus maupun lengkung. Aplikasi yang termasuk dalam kelompok ini adalah :
Adobe Illustrator
Beneba Canvas
CorelDraw
Macromedia Freehand
Metacreations Expression
2. Aplikasi Pengolah Bitmap/Pixel/Gambar
Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah gambar/manipulasi foto (photo retouching). Semu objek yang diolah dalam program-program tersebut dianggap sebagai kombinasi beberapa titik/pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu, misalnya, foto. Gambar dalam foto terbentuk dari beberapa kumpulan pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu.
Meskipun begitu, program yang termasuk dalam kelompok ini dapat juga mengolah teks dan garis, akan tetapi dianggap sebagai kumpulan pixel. Objek yang diimpor dari program pengolah vektor/garis, setelah diolah dengan program pengolah pixel/titik secara otomatis akan dikonversikan menjadi bentuk pixel/titik. Yang termasuk dalam aplikasi ini adalah:
Adobe Photoshop
Corel Photo Paint
Macromedia Xres
Metacreations Painter
Metacreations Live Picture
Micrografx Picture Publisher
Microsoft Photo Editor
QFX
Wright Image
Pixelmator
Manga studio
Gimp
3. Aplikasi Pengolah Audio Visual
Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah film dalam berbagai macam format. Pemberian judul teks (seperti karaoke, teks terjemahan, dll) juga dapat diolah menggunakan program ini. Umumnya, pemberian efek khusus (special effect) seperti suara ledakan, desingan peluru, ombak, dan lain-lain juga dapat dibuat menggunakan aplikasi ini. Yang termasuk dalam kategori ini adalah:
Adobe After Effect
Adobe Premier
Final Cut
Adobe Flash, atau sebelumnya Macromedia Flash
Ulead Video Studio
Magic Movie Edit Pro
Power Director

  1. a) PSD (Photoshop Document)
Format file ini merupakan format asli dokumen Adobe Photoshop. Format ini mampu menyimpan informasi layer dan alpha channel yang terdapat pada sebuah gambar, sehingga suatu saat dapat dibuka dan diedit kembali.
Format ini juga mampu menyimpan gambar dalam beberapa mode warna yang disediakan Photoshop. Anda dapat menyimpan dengan format file ini jika ingin mengeditnya kembali.
b) BMP (Bitmap Image)
Format file ini merupakan format grafis yang fleksibel untuk platform Windows sehingga dapat dibaca oleh program grafis manapun. Format ini mampu menyimpan informasi dengan kualitas tingkat 1 bit samapi 24 bit. Kelemahan format file ini adalah tidak mampu menyimpan alpha channel serta ada kendala dalam pertukaran platform. Untuk membuat sebuah objek sebagai desktop wallpaper, simpanlah dokumen Anda dengan format file ini. Anda dapat mengkompres format file ini dengan kompresi RLE. Format file ini mampu menyimpan gambar dalam mode warna RGB, Grayscale, Indexed Color, dan Bitmap.
c) EPS (Encapsuled Postcript)
Format file ini merupakan format yang sering digunakan untuk keperluan pertukaran dokumen antar program grafis. Selain itu, format file ini sering pula digunakan ketika ingin mencetak gambar.
Keunggulan format file ini menggunakan bahasa postscript sehingga format file ini dikenali oleh hampir semua program persiapan cetak.
Kelemahan format file ini adalah tidak mampu menyimpan alpha channel, sehingga banyak pengguna Adobe Photoshop menggunakan format file ini ketika gambar yang dikerjakan sudah final. Format file ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna RGB, CMYK, Lab, Duotone, Grayscale, Indexed Color, serta Bitmap. Selain itu format file ini juga mampu menyimpan clipping path.
d) JPG/JPEG (Joint Photographic Expert Group)
Format file ini mampu mengkompres objek dengan tingkat kualitas sesuai dengan pilihan yang disediakan. Format file sering dimanfaatkan untuk menyimpan gambar yang akan digunakan untuk keperluan halaman web, multimedia, dan publikasi elektronik lainnya. Format file ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna RGB, CMYK, dan Grayscale. Format file ini juga mampu menyimpan alpha channel, namun karena orientasinya ke publikasi elektronik maka format ini berukuran relatif lebih kecil dibandingkan dengan format file lainnya.
e) GIF (Graphic Interchange Format)
Format file ini hanya mampu menyimpan dalam 8 bit (hanya mendukung mode warna Grayscale, Bitmap dan Indexed Color). Format file ini merupakan format standar untuk publikasi elektronik dan internet.
Format file mampu menyimpan animasi dua dimensi yang akan dipublikasikan pada internet, desain halaman web dan publikasi elektronik. Format file ini mampu mengkompres dengan ukuran kecil menggunakan kompresi LZW.
f) TIF (Tagged Image Format File)
Format file ini mampu menyimpan gambar dengan kualitas hingga 32 bit. Format file ini juga dapat digunakan untuk keperluan pertukaran antar platform (PC, Machintosh, dan Silicon Graphic).

Format file ini merupakan salah satu format yang dipilih dan sangat disukai oleh para pengguna komputer grafis terutama yang berorientasi pada publikasi (cetak). Hampir semua program yang mampu membaca format file bitmap juga mampu membaca format file TIF.
g) PCX
Format file ini dikembangkan oleh perusahaan bernama Zoft Cooperation. Format file ini merupakan format yang fleksibel karena hampir semua program dalam PC mampu membaca gambar dengan format file ini.
style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
Format file ini mampu menyimpan informasi bit depth sebesar 1 hingga 24 bit namun tidak mampu menyimpan alpha channel. Format file ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna RGB, Grayscale, Bitmap dan Indexed Color.
h) PDF (Portable Document Format)
Format file ini digunakan oleh Adobe Acrobat, dan dapat digunakan oleh grafik berbasis pixel maupun vektor. Format file ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna RGB, CMYK, Indexed Color, Lab Color, Grayscale dan Bitmap.
Format file ini tidak mampu menyimpan alpha channel. Format file ini sering menggunakan kompresi JPG dan ZIP, kecuali untuk mode warna Bitmap yaitu menggunakan CCIT.
i) PNG (Portable Network Graphic)
Format file ini berfungsi sebagai alternatif lain dari format file GIF. Format file ini digunakan untuk menampilkan objek dalam halaman web. Kelebihan dari format file ini dibandingkan dengan GIF adalah kemampuannya menyimpan file dalam bit depth hingga 24 bit serta mampu menghasilkan latar belakang (background) yang transparan dengan pinggiran yang halus. Format file ini mampu menyimpan alpha channel.
j) PIC (Pict)
Format file ini merupakan standar dalam aplikasi grafis dalam Macintosh dan program pengolah teks dengan kualitas menengah untuk transfer dokumen antar aplikasi. Format file ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna RGB dengan 1 alpha channel serta Indexed Color, Grayscale dan Bitmap tanpa alpha channel. Format file ini juga menyediakan pilihan bit antara 16 dan 32 bit dalam mode warna RGB.
k) TGA (Targa)
Format file ini didesain untuk platform yang menggunakan Targa True Vision Video Board. Format file ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna RGB dalam 32 bit serta 1 alpha channel, juga Grayscale, Indexed Color, dan RGB dalam 16 atau 24 bit tanpa alpha channel.
Format file ini berguna untuk menyimpan dokumen dari hasil render dari program animasi dengan hasil output berupa sequence seperti 3D Studio Max.
l) IFF (Interchange File Format)
Format file ini umumnya digunakan untuk bekerja dengan Video Toaster dan proses pertukaran dokumentasi dari dan ke Comodore Amiga System. Format file ini dikenali hampir semua program grafis yang terdapat dalam PC serta mampu menyimpan gambar dengan mode warna Bitmap. Format file ini tidak mampu menyimpan alpha channel.

  1. 1.Pertama kita siapkan file installer software yang ingin kita install,kemudian double klik pada file installer tersebut,setelah kita klik file instaler softwarenya biasanya muncul pesan "Do You Want To Run This File",klik run jika ingin melanjutkan ke penginstalan.

2.Setelah anda mengklik run,biasanya anda akan masuk ke menu utama software tersebut,jika anda ingin menginstall software tersebut klik next

3.Kemudian,jika muncul license seperti ini, berarti anda diminta untuk menyetujui license tersebut, untuk melanjutkan pilih "I Accept / I Agree" kemudian klik next

4.Ini adalah bagian untuk pemilihan lokasi dimana software tersebut akan diinstall/disimpan, biasanya secara default akan tersimpan di "C:/Program files" namun jika anda ingin menyimpan/menginstall software tersebut di tempat/drive lain anda dapat mengklik browse,tetapi jika anda ingin menginstall software tersebut di lokasi default,anda dapat langsung mengklik Next

5.Setelah memilih lokasi file yang diinstall biasanya proses pemecahan/penginstalan file akan dimulai,tunggu hingga selesai dan biasanya jika sudah selesai akan muncul pesan installation complete/penginstalan selesai, kemudian klik finish untuk menyelesaikan penginstallan.

Komentar